rin_iffah


Beberapa gambar yang sempat terekam saat berlibur di Kayoa
Mengunjungi Kayoa (salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara) berarti mengunjungi kenangan yang pernah tergores di sana. Sekitar duapuluh tahun lalu, saat masih berusia 6 tahun, kami sekeluarga hijrah ke Kayoa. Saat itu bapak ditugaskan membina desa-desa yang ada di Kayoa bersama ibu. Dan saya bersama dua saudara lainnya mau tidak mau harus ikutan menetap di sana. Hanya sekitar tiga tahun saya dan kakak laki-laki tinggal di kecamatan ini dan setelah itu kembali ke Ternate karena harus mempersiapkan diri naik ke kelas 6 SD. Sedang adik saya (yang laki-laki juga) masih terus bersama kedua orang tua di Kayoa sampai akhirnya kedua orang tua saya dipindahtugaskan kembali ke Ternate beberapa tahun kemudian.

Ketika diajak berlibur ke Kayoa (lagi) oleh ibu beberapa waktu lalu, dan beliau memang lahir dan besar di salah satu desa yang ada di Kecamatan Kayoa, saya begitu antusias. Hei, sudah duapuluh tahun lamanya saya tidak pernah lagi melihat wajah tempat di mana saya pernah menghabiskan masa kanak-kanak ini. Ingin rasanya mengulang kembali semua kenangan kala itu. Melihat gurua-gurua yang tersebar di sepanjang pantai Guruapin yang menjadi tempat pemandian kami dulu. Menikmati sensasi sengatan matahari dari wilayah yang berada tepat di garis katulistiwa pada peta Indonesia ini. Bermain perahu bersama bocah-bocah berambut pirang alami sampai ke tengah laut membiru dan kemudian bersama-sama membalikkan perahu sambil berteriak kegirangan melihat sebagian dari kami yang takut dengan dalam dan luasnya lautan. Ataukah sekedar menemani nenek ke kebun sambil menikmati jagung bakar hasil panen musim itu. Duuuuh, betapa rindunya……………

Tiga hari di Kayoa, ada ole-ole yang saya bawa dari sana. Bukan sekedar Sagu Kayoa yang terkenal enak, atau kerang melimpah yang juga tak kalah lezatnya. Tapi berbagai cerita menarik yang akan coba saya posting di blog ini. Bertahap tentunya, InsyaAllah… (Bersambung)
Share

0 Responses

Posting Komentar