rin_iffah



HANAMI (acara menikmati sakura) biasanya dilakukan pada akhir Maret/awal April saat bunga sakura mulai bermekaran. mekarnya bunga sakura bagi warga Jepang adalah sebuah kebahagiaan. Di tiap daerah waktu untuk menikmati bunga sakura ini berbeda-beda, dimulai dari daerah paling selatan. Pada saat-saat tersebut banyak rombongan yang berpiknik di bawah pohon sambil menghidu aroma kuntum sakura.


Ada yang menarik dari hanami, yang ternyata bukan hanya sekedar kegiatan melihat bunga sakura. Tradisi ini menjadi unik karena hanami telah berkembang menjadi kebiasaan untuk pesta di bawah pohon sakura. Biasanya orang-orang akan datang secara berombongan, menggelar semacam plastik atau tikar dan berpesta di situ, antara lain minum sake dan makan-makan. Mereka bisa saja datang membawa bento (bekal) dari rumah, tapi bagi yang tidak membawa makanan, di sana tersedia warung-warung tenda yang menyediakan berbagai macam makanan seperti takoyaki, yakisoba, udon, yakitori, ayam goreng, sosis tusuk, berbagai cemilan manis, bahkan sampai mainan anak-anak. Suasananya sungguh meriah, apalagi saat musim sakura mencapai puncaknya. Bisa dipastikan taman-taman akan penuh dengan orang-orang yang datang untuk hanami.

Hmmmp… saat ini warga Jepang sempat ga ya menikmati indahnya sakura di saat mereka tengah bertarung mengatasi ancaman radiasi pasca gempa dan tsunami beberapa waktu lalu???!!!!
Share

Label: , edit post
0 Responses

Posting Komentar